Peneliti Ciptakan Robot seperti Spiderman

Lintas Berita Online-Berbagi Berita Aneh Unik dan Menarik Dari Berbagai Penjuru Dunia

Manusia akan bisa menempel di tembok vertikal seperti spiderman, seiring kemajuan peneliti membuat kain yang menyerupai kaki cicak. Kain ini sudah diuji pada robot.

Ilmuwan stanford university mengatakan sarung tangan dan sepatu lengket itu sedang dikembangkan agar pemakainya bisa menempel dan memanjat tembok vertikal.


Peneliti stanford, paul day dan alan asbeck membuat kain yang terinspirasi dari kaki cicak di mana memungkinkan sebuah robot kecil dilapisi tekstil ini pada kakinya bisa memanjat permukaan kaca atau besi.

Teknisi mengatakan mereka berharap dapat “memperbesar skala” rancangannya untuk manusia.

Cicak dapat menentang gravitasi karena bulu mikroskopik pada jari mereka di mana memperluas wilayah permukaannya dan menciptakan “perekat satu arah”.

Pengikat lengket ini diciptakan untuk setiap langkah mereka di mana akan rusak apabila mereka melangkah dengan arah kebalikan. Peneliti stanfrod university telah menciptakan bahan mirip karet yang terdiri dari ribuan serat polimer kecil meniru bulu cicak.

Bulu-bulu ini disebut setae di mana sepuluh kali lebih tipis dari bulu manusia. Bahan kuat dan dapat dipakai lagi ini, tidak meninggalkan residu atau kerusakan dan telah diuji pada “robot cicak” yang disebut stickybot.

Stickybot dapat berjalan pada permukaan kaca dan ilmuwan mengatakan mereka sedang dalam tahap pembuatan bahan “yang memungkinkan manusia mendaki dengan perekat cicak” ini.

 

sumber :inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar