Info Terbaru Gunung Sinabung Meletus


Informasi / Berita Terbaru Aktivitas Gunung Sinabung Mau Meletus - Gunung Sinabung yang terletak di Kab.karo Prov Sumatera Utara merupakan Gunung Berapi Tipe B, Artinya, gunung ini masih aktif namun tidak dikenali letusannya sejak tahun 1600, SInabung memiliki kemiripan  dengan Gunung Krakatau yang 'kebetulan' meletus di bulan ini, Agustus, pada tanggal 26, 27, dan 28 tahun 1883.

Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung mulai ditunjukan pada tanggal 27 Agustus 2010 kemaren, dengan mengeluarkan asap  tebal, sehingga Warga di sekitar lokasi sudah mulai dievakuasi.

Desa-desa yang sudah dievakuasi yakni; Sigarang-garang, Kuta Rakyat, Gugung, Sukanalu, Simacem, Bakera, Berastepu, Sukadebi, Kuta Tonggal, Sukatepu, Kuta Tengah, Gambir, Deskati, Gung Pinto, Kuta Belin. Desa-desa itu titik terdekat dengan kaki Gunung Sinabung. Hingga saat ini, jumlah warga yang diungsikan sekitar 2.000an orang.
Foto Warga Sekitar Gunung Sinabung Di Penampungan (waspada.co.id)

Lokasi penampungan sementara para pengungsi tersebar di berbagai titik. Mulai dari Gedung DPRD Tanah Karo dan rumah sanak famili. Warga diungsikan dengan menggunakan truk. Sebagian masyarakat juga ditampung di sekolah-sekolah, gedung DPRD, dan jambur atau gedung tempat masyarakat Karo menggelar pesta.
Foto Gunung Sinabung Menyemburkan Asap tebal

Pemuda Indonesia Baru berharap, aktivitas gunung berapai didataran Indah karo ini tidak berlanjut menjadi letusan. Karena apabila berlanjut, maka sesuai dengan Tipe Gunung berapinya, Gunung ini dapat meledak sedahsyat Gunung krakatau yang ledakan 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima.

Sementara itu menurut BMG Medan, aktifitas gunung berapi bila ingin meletus, maka akan dimulai dengan getaran mirip gempa, dalam kasus gunung sinabung ini, pihak BMG tidak melihat  dan menemukan hal tersebut. 

Semoga Letusan asap gunung sinabung inimerupakan hanya fenomena alam, yang mengingatkan kita, bahwa daerah sekitar jangan ditebangi lagi hutannya. Letusan itu meruapakn bertanda Gunung berapai Sinabung ini gerah terhadap perbuatan manusia yang telah merusak alam.(don)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar