Gunung Sinabung Meletus Harga Sayur Naik

Gambar gunung Sinabung Meletus (detik.Com)

Gunung Sinabung Meletus Harga Sayur Naik- Gunung merapi sinabung ternyata meletus juga. Gunung yang terletak di Kab. Karo Sumatera utra ini membawa selain membawa akibat bruk bagi para penduduk yang berdiam disekitarnya. juga membawa akibat sayur mayur menjadi mahal.

hal ini diketahui dari harga yang ada di sejumlah pasar tradisional di Medan mengalami kenaikan harga secara drastis. Misalnya di Pusat Pasar, Jl Sutomo Medan, harga tomat, kol, wortel, daun sup dan sejumlah sayuran lainnya harganya melambung samapi 100 %.

Kenaikan harga sayur mayur ini sangat masuk akal. dimana Tanah karo terkhusus daerah dibawah Gunung api sinabung merupakn daerah penghasil sayur mayur di sumatera utara, yang pasar terbesarnya dalah medan.

Daun sup yang semula hanya Rp 8.000 per kilogram naik menjadi Rp 15.000 perkilogram. Tomat yang semula Rp 2.500 per kilogram naik menjadi Rp 3.000. Sedangkan bawang pre dari Rp 6.000 menjadi Rp 10.000 dan kol yang biasanya Rp 1.000 naik menjadi Rp 2.000 per kilogram dan wortel dari Rp 4.000 menjadi Rp 6.000 per kilogram.

Kenaikan harga ini mulai sejak aktivitas gunung berapi ini dimulai pada 27 agustus 2010. ketika gunung ini mengeluarkan asap, dan dilanjutkan dengan letusan pada tanggal 29 agustus 2010.

Gambar Penduduk Yang Dievakuasi

Sampai saat ini penduduk telah dievakuasai dari gunung tersebut, penduduk yang dievakuasi menyapai 10.000 orang. Pasokan pangan untuk para pengungsi untuk 2 hari ini menurut pemerintah cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar