Intel Ingin Tanamkan Chip di Otak Manusia

Lintas Berita Online-Berbagi Berita Aneh Unik dan Menarik Dari Berbagai Penjuru Dunia

Para insinyur di Intel berambisi menanamkan cip ke dalam otak manusia untuk mengendalikan komputer secara langsung melalui pikiran. Cip semacam itu tengah dikembangkan di laboratorium riset Intel di Pittsburgh, AS.

Dengan cip seperti itu, pengoperasian komputer akan semakin efisien karena tidak lagi membutuhkan perantara seperti keyboard dan mouse. Cip implan juga bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan perangkat-perangkat elektronis, seperti ponsel, TV, dan pemutar DVD lewat pikiran.

Seperti dilansir Physorg, Dean Pomerleau selaku salah satu ilmuwan yang terlibat menyatakan bahwa cip seperti itu bakal terwujud dalam waktu dekat meski belum sepenuhnya sempurna. Cara kerjanya berdasarkan teknologi rangsangan otak yang disebut Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI).

Secara teori, setiap orang yang memikirkan suatu kata atau gambar yang sama akan mengaktifkan bagian otak yang sama pula. Pomerleau dan timnya menggunakan teknologi FMRI untuk memindai otak-otak sukarelawan demi menentukan perintah yang universal.

Pomerleau mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah bisa segera mewujudkan headset yang memanfaatkan gelombang otak untuk melakukan perintah ke komputer. Langkah berikutnya adalah mewujudkan cip yang bisa ditanam di otak. Ia memperkirakan, hal tersebut minimal butuh satu dekade atau sepuluh tahun ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar