Bahasa yang Tak Terdokumentasi Ditemukan Di India

Lintas Berita Online-Berbagi Berita Aneh Unik dan Menarik Dari Berbagai Penjuru Dunia

Bahasa tersembunyi yang digunakan oleh hanya sekitar 1.000 orang ditemukan di timur laut India. Peneliti menemukan kosa kata yang sama sekali berbeda.

aka

Aka merupakan komunitas suku yang condong bertahan hidup dengan bertani dan berburu. Peneliti menemukan kosa kata yang sama sekali berbeda dari struktur linguistik. Bahkan, penduduk yang menggunakan bahasa ini, disebut sebagai Koro, tidak menyadari soal bahasa yang berbeda tersebut, kata pakar linguistik K. David Harrison.

Dalam lingkup budaya, pengguna bahasa Koro merupakan bagian dari komunitas Aka di Arunachal Pradesh, India. Menurut asosiasi profesor lingustik di Swarthmore College, Harrison, kedua kelompok ini memiliki dialek yang mirip di bahasa Aka.

Namun, ilmuwan yang mempelajari kelompok ini menemukan bahwa mereka menggunakan bahasa yang berbeda untuk menggambarkan bagian tubuh, angka dan konsep lain. Hal ini menunjukkan Koro sebagai bahasa yang berbeda.

“Koro memiliki cukup banyak perbedaan dari bahasa Aka,” kata Greogy Anderson, direktur Living Tongues Institute for Endangered Languages.

“Saat kami berpikir bahwa ini merupakan dialek Aka, muncul kemungkinan bahasa lain.”

Masyarakat budaya Aka hidup di desa kecil wilayah perbatasan China, Tibet dan Myanmar. Mereka berburu, bertani dan mengumpulkan kayu bakar di hutan.

Selain itu, penduduk ini cenderung memakai pakaian dengan hiasan kain tenun di tangan dan menyukai warna merah.

Di sisi lain bahasa mereka tidak diketaui secara pasti meskipun dicatat pertama kali pada abad ke 19.

Banyak bahasa di seluruh dunia yang terancam musnah karena anak muda lebih memilih menggunakan bahasa dominan di wilayah mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar